Profil Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris 

Program Sudi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu program studi termuda di Universitas Banten Jaya. Saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris hanya menyelenggarakan jenjang S1. Untuk saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berkonsentrasi pada bidang Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (Teaching English as a Foreign Language/TEFL)yang  sudah meluluskan tiga angkatan hingga saat ini. Dosen-dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagian besar sudah dan sedang S3, sehingga kompeten dibidangnya.

Hingga tahun 2017, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah  meluluskan tiga angkatan, mulai dari kelulusan di tahun 2015, 2016 dan 2017. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mulai menerapkan publikasi hasil penelitian mahasiswa melalui jurnal program studi. Dan Pada pertengahan tahun 2018, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah memiliki jurnal online (On Line Journal System/OJS) yang sudah ber ISSN. Diharapkan hasil publikasi memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

 

Saat ini di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terdapat program pelatihan penerjemahan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswanya, dengan tujuan akhir yaitu menjadi lulusan yang mahir dalam hal penerjemahan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga saat ini memiliki fokus lain yaitu  pada bidang translating, interpreting, dan literature. Sehingga lulusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banten Jaya tidak lagi hanya ahli menjadi guru, namun bisa menjadi tenaga ahli dibidang lainnya.

 

Visi

“Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bermutu dan inovatif berbasis karakter pada tahun 2021

 

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik yang professional dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, yang berkualitas dengan kurikulum berbasis KKNI.
  2. Melakukan penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris, yang berorientasi kepada pengembangan ilmu dan teknologi untuk mengembangkan pembelajaran di sekolah dan luar sekolah, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara professional dalam bentuk partisipasi terhadap masyarakat.
  4. Mengembangkan dan mengokohkan jejaring kemitraan dengan stakeholder, user, perguruan tinggi lain dan lembaga-lembaga pada tingkat lokal dan nasional untuk memantapkan optimalisasi fungsi dan peran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.